Kenapa Jumlah Kolom di Bootstrap ada 12 (atau Kelipatannya)?3 min read

Sebagai seorang Web Progremer jaman now, sudah seperti menjadi kewajiban untuk mengetahui atau menguasai minimal satu buah Front-End Framework. Disini kita tidak akan membahas apa itu Front-End Framework, kita hanya akan mengulas sedikit dari sekian banyak yang sering saya tanyakan seputar Framework ini. Dari sekian banyak Front-End Framework (saya sering nyebut ‘Framework CSS’ saja), yang paling populer adalah Bootstrap. Selain sangat mudah dalam penggunaan, Framework CSS sejuta umat ini juga memiliki banyak fitur yang akan sangat membantu Web Developer dalam membuat sebuah web. Salah satunya adalah Grid System. Tapi sekali lagi disini kita tidak akan membahas cara penggunaan Grid System, tapi kita akan membahas salah satu pertanyaan yang pernah terlontar ketika pertama dulu saya belajar Bootstrap yaitu:

Kenapa jumlah kolomnya harus ada 12? Kenapa enggak 10 atau 5 aja gitu?

Setelah nyari-nyari artikel lewat Mbah Google dan ternyata saya belum menemukan alasan yang resmi dan pasti kenapa jumlah kolomnya harus ada 12. Tapi salah satu hasil yang saya temukan adalah: Karena bilangan 12 bisa dibagi lebih banyak bilangan dibanding dengan bilangan lain (sebut saja 10 atau 5). Bilangan 12 bisa dibagi 2, 3, 4, 6 dan juga 12. Berbeda dengan 10 yang hanya bisa dibagi 2, 5 dan 10. Mungkin ini kelihatan sepele, tapi akan sangat terasa manfaatnya ketika kita akan membuat beberapa kolom dengan ukuran yang sama. Yah cuman itu hasil yang saya dapatkan dari searching-searching di google sama stackoverflow. Ada yang mau nambahin?

Kalau ada yang mau nambahin silahkan curat coret di kolom komentar.
Terima kasih atas kunjungannya, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Note: Artikel ini merupakan artikel di blog saya yang dulu, jadi jika ada yang merasa pernah membaca artikel ini dan hampir sama persis. Kemungkinan itu adalah blog saya yang dahulu.