Menambahkan Tombol “Chat/Order via WhatsApp” di Halaman Produk WooCommerce


Saat ini keberadaan toko online sudah sangat menjamur, mulai dari fashion sampai kosmetik bisa dengan mudah kita temukan. Walaupun sekarang sudah banyak yang terbiasa berbelanja secara online menggunakan Order System (otomatis), tapi masih ada saja sebagian orang (termasuk saya) yang lebih merasa nyaman jika menghubungi secara langsung kepada pihak toko lewat CS, atau kalau bisa order-nya pun dilakukan lewat chat saja biar terasa lebih personal 😀 Salah satu platform yang cukup banyak digunakan untuk chat adalah WhatsApp, dan salah satu platform toko online yang cukup banyak digunakan adalah WooCommerce.

Setelah baca-baca juga ternyata saya menemukan sebuah website yang menyebutkan bahwa jika menggunakan keranjang belanja yang panjaaaang bisa menurunkan konversi penjualan.

Karena itu beberapa waktu yang lalu saya punya ide membuat plugin untuk menambahkan tombol Chat to WhatsApp di halaman produk WooCommerce. Jika dibuka di web via browser, ketika tombol diklik maka akan otomatis membuka halaman WhatsApp Web, tapi jika di mobile maka akan membuka aplikasi WhatsApp.

Jika dipasang di template StoreFront, penampakannya kurang lebih seperti ini:

Terima kasih, semoga bermanfaat.