Kirim SMS Gratis lewat PHP dengan API Zenziva5 min read

Salah satu fitur yang banyak dimiliki Aplikasi Web Modern adalah fitur SMS, biasanya fitur SMS ini sering digunakan untuk konfirmasi user atau juga untuk notifikasi kepada User. Untuk membuat fitur SMS di Aplikasi kita ada banyak sekali cara, bisa kita membuat SMS Gateway sendiri atau kalau pengen lebih mudah dan simpel kita bisa menggunakan API SMS pihak ketiga (Third Party). Salah satu penyedia yang paling populer adalah Zenziva. Zenziva ini sebetulnya berbayar, saat tulisan ini dibuat tarif nya mulai dari Rp. 70,- per SMS. Tapi, Zenziva juga memberikan kredit gratis 10 SMS per hari, tapi dengan catatan ada embel-embel Zenziva di akhir SMS nya. Ya enggak apa apa lah, namanya juga gratisan hehe 😀

Jika kita menggunakan Laravel, kita bisa menggunakan Packgae yang bisa dicek disini. Tapi pada tutorial kali ini kita akan menggunakan PHP Native biasa, tapi dengan bantuan cURL di PHP.

Langsung saja masuk ke pembahasan. Jadi intinya untuk mengirim SMS menggunakan API Zenziva sangat sederhana. Kita harus mengirim HTTP GET ke endpoint yang disediakan Zenziva ditambah URL Query berisi Userkey, Passkey, No Handphone Tujuan, dan juga Isi SMS yang akan kita kirimkan.

Persiapan dan Registrasi Akun Zenziva

Pertama kita harus daftar terlebih dahulu lewat sini, silahkan isi formulir yang tersedia. Setelah proses registrasi selesai, masuk ke halaman Setting > API Settings dan disana kita akan menemukan userkey kita. Pada kolom passkey silahkan isi sesuai keinginan temen-temen, passkey ini nantinya akan kita gunakan semacam password untuk akun kita.

Kirim SMS menggunakian API Zenziva

Jika kita perhatikan gambar sebelumnya, maka disana kita akan menemukan petunjuk penggunaan. Tapi kita bahas lagi aja dibagian ini biar artikelnya lebih panjang 😀

Untuk mengirim SMS, caranya sangat sangat sederhana. Kita cukup membuka URL dibawah:

Misalkan userkey kita adalah azishapidin.com dan passkey 4215, dan kita ingin mengirim sms ke nomor 0811111111 berisi Assalamualaikum. Maka kita cukup membuka URL dibawah:

Untuk mencobanya, silahkan sesuaikan dengan userkey dan passkey temen-temen. Kemudian buka lewat browser, untuk mengetahui apakah terkirim atau tidak. Maka kita bisa mengeceknya di menu Outbox pada Member Area Zenziva.

Oke, terus bagaimana implementasinya di PHP? Kalem, kita akan segera membahasnya.

Kirim SMS dengan API Zenziva melalui PHP

Seperti yang disebutkan pada Intro diatas, implementasinya di PHP kita akan menggunakan bantuan cURL. Untuk apa? Intinya biar si PHP bisa mengirim HTTP GET ke URL yang sudah kita bahas di bagian sebelumnya. Oke langsung saja, jika kita implementasikan di PHP maka kurang lebih seperti dibawah:

Silahkan ubah-ubah nilai yang ada di varibel $sms dan $config, sesuaikan dengan keinginan dan juga userkey dan passkey temen-temen.

Jika berhasil, maka akan memberikan output berupa xml result seperti ini:

Dan saat saya cek hp saya, sms pun sudah masuk. Horee..

Oke sekian tutorial kali ini. Jika ada yang kurang jelas, mohon dimaafkan dan dikoreksi.

Terima kasih atas kunjungannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..